Resume “Tujuan Ekonomi”
Kegiatan ekonomi tidak
bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari.
Dari sanalah timbul suatu pertanyaan yaitu “Apakah yang ingin dicari
atau dikehendaki dari suatu kegiatan ekonomi?”.
Tujuan
dari suatu kegiatan ekonomi ialah :
1. Maslah
stabilitas (stabilisasi ekonomi)
Ketika
tidak dapat memenuhi suatu kebutuhan maka akan mengakibatkan perasaan
resah, dan keresahan itu dapat mempengaruhi kestabilan hidup manusia seperti
pada prilaku,lingkungan social dan politik. Stabil dalam hal ini adalah seluruh
kebutuhan dapat terpenuhi.
2. Masalah
pertumbuhan ekonomi
Terjadinya pertumbuhan dari produk yang
dihasilkan dan dapat dilihat dari total jumlah produksi nasional.
3. Pemerataan
ekonomi
Kesejahterahan dapat dirasakan di
berbagai plosok daerah. Jalannya kegiatan ekonomi dapat dilakukan dengan lancer
dan kebutuhanpun dapat terpenuhi. Namun, dijaman sekarang justru yang terjadi
di Negara kita Indonesia ialah terbentuknya central-central ekonomi yang
akhirnya mempengaruhi stabilitas ekonomi.
Kebijakan yang terjadi ketika kita memutuskan
sesuatu biasanya dipengaruhi oleh harga. Alhasil asumsi yang timbul adalah
ketika harga mahal maka konsumen akan menjauh dari produk itu, sedangkan jika
harga murah maka konsumen akan mendatangi produk tersebut.
Hukum Permintaan dan
penawaran sangat berlaku pada
perekonomian, karena kedua hal ini akan saling berpengaruh terhadap satu sama
lain. Seperti pada saat transaksi
perdagangan disitu pasti ada permintaan ,penawaran dan kuantitas yang saling
mempengaruhi.
Permintaan adalah sebuah barang yang dibeli atau diminta pada suatu
harga dan waktu tertentu. Sedangkan Penawaran
adalah sebuah barang yang dijual dan ditawarkan pada suatu harga tertentu.
Hukum Permintaan dan Penawaran
1.
Hukum Permintaan:
Jumlah produk
yang di minta berbanding terbalik dengan harga,maksudnya jika harga barang naik
maka jumlah permintaannya akan turun dan sebaliknya. Kondisi ini bersifat
ceteris paribus artinya semua factor yang mempengaruhi berlakunya hokum
permintaan dianggap tetap.
2.
Hukum Penawaran :
Jumlah produk
yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga, maksudnya jika harga naik maka
jumlah permintaan juga akan naik dan sebaliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar